Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Untuk mendapatkan kartu kredit saat ini merupakan hal yang cukup mudah. Saat ini banyak sekali sales person kartu kredit dri berbagai bank bergerilya di mal-mal untuk mencari pelanggan baru.

Kartu kredit asal digunakan dengan tepat akan sangat membantu kita. TAPI… jika digunakan secara sembrono tentunya akan membuat kita terbelit dalam tagihan yang akin hari makin membengkak jumlahnya.

Pada tulisan kali ini, saya akan mengajak Anda untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan tepat dan bebas dari jeratan tagihan. Ini dia beberapa cara yang dapat menyelamatkan kita dari lilitan kartu kredit.

Jangan gunakan kredit sebagai pinjaman
Kartu kredit mempunyai dua sisi yang berlawanan, sisi mana yang berpihak pada Anda sangat bergantu dari cara Anda menggunakannya. Jika Anda alpa membayar tagihan, maka Anda akan ‘menikmati’ pinjaman dengan bunga tinggi. Bahkan jika Anda membayar dengan nilai minimum yang diharuskan oleh bank penerbit kartu kredit, maka tagihan Anda akan lunas dalam jangka waktu yang cukup lama dan dengan bunga yang sangat tinggi (di atas 30% per tahun, bergantung bunga yang ditetapkan oleh bank penerbit, bisa lihat tulisan ini). Di sisi lain, jika Anda selalu membayar tagihan Anda tepat pada waktunya, kartu kredit merupakan instrumen yang aman dan nyaman untuk digunakan berbelanja atau membayar berbagai keperluan Anda.

Gunakan kartu kredit sebagai pengganti uang, bukan sebagai kredit dengan bunga tinggi.

Belanjakan sesuai dengan kemampuan Anda membayar
Jangan gunakan kartu kredit sebagai instrumen untuk membiayai gaya hidup yang tidak sesuai dengan kantong Anda. Jika Anda tidak dapat membayar seluruh tagihan Anda tiap bulannya, artinya Anda telah menggunakan fasilitas ini secara berlebihan.
Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan patokan agar pengunaan kartu kredit sesuai dengan kondisi keuangan Anda

  • Anda memiliki uang sejumlah yang sama dengan yang Anda belanjakan. Pastikan Anda membayar seluruh tagihan Anda saat surat tagihan Anda terima
  • Anda tidak dapat membayar tagihan, namun Anda harus menggunakan kartu kredit Anda. Jika Anda tidak mampu membayar tagihan kartu kredit, namun di saat yang sama Anda menghadapi kasus emergency segera susun rencana keuangan agar Anda dapat melunasi tagihan tersebut
  • Jangan menggunakan kartu kredit untuk membelanja barang-barang yang tidak ada saat tagihan Anda terima. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan kartu kredit adalah dengan tidak menggunakannya saat Anda berbelanja bulanan, makan di restoran, atau pergi bersenang-senang.

Buat rencana keuangan
Selalu catat pengeluaran Anda. Buat limit penggunaan kartu kredit sesuai dengan rencana keuangan Anda. Jangan belanja melebihi rencana yang telah Anda susun. Jika Anda merasa tidak disiplin dengan anggaran yang telah Anda susun, tinggal kartu kredit Anda di rumah. Gunakan hanya pada saat-saat emergency.

Bayar seluruh tagihan Anda tiap bulan
Satu aturan yang wajib dipatuhi oleh setiap pengguna kartu kredit: Bayar seluruh tagihan Anda tiap bulan. Jika Anda terpaksa tidak dapat membayar seluruh tagihan, bayar sebagian besarnya. Jika Anda hanya dapat membayar dengan batas minimum, karena Anda akan terlilit hutang dengan bunga tinggi. Berhenti menggunakan kartu kredit hingga seluruh tagihan Anda lunas.

Bayar tepat waktu
Selalu bayar tagihan Anda tepat waktu. Pembayaran yang lewat masa pembayaran akan dikenai penalti dan bunga yang tinggi.

Hanya miliki satu, atau dua kartu kredit
Anda hanya perlu memiliki satu kartu kredit, dua jika kartu utama Anda tidak diterima di tempat-tempat tertentu. Anda dapat memantau penggunaannya, jika Anda hanya memiliki satu atau dua kartu. Jangan gunakan kartu yang satu untuk menutupi tagihan kartu yang lain.

Sebisa mungkin jangan menggunakan fasilitas cash advance
Jika Anda membutuh uang segera, jangan ambil dari kartu kredit, gunakan tabungan Anda. Fasilitas cash advance yang disediakan penerbit kartu kredit hanya akan membebani tagihan Anda dengan bunga yang super tinggi.

Simpan bukti transaksi Anda
Selalu simpan struk transaksi penggunaan kartu kredit Anda hingga Anda menerima tagihan bulanan Anda. Cocokan angka pada lembar tagihan dengan struk transaksi yang Anda simpan. Segera laporkan ketidakcocokan angka pada lembar tagihan, jika Anda menemukan hal yang janggal.

Selamat berlibur!!

2 thoughts on “Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

  1. Pingback: Pemasukan Bank | KeuanganKeluarga.com

  2. Pingback: Mengelola Keuangan Keluarga | KeuanganKeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>